Kamis, 24 Agustus 2017

Biografi Napoleon Bonaparte

Halo teman-teman semuanya! apa kabar? saya harap kalian semua baik-baik saja ya.di artikel ini saya akan menjelaskan biografi singkat  tentang  seorang jenderal prancis  yang terkenal sebagai pemimpin militer dan ahli strategi yang hebat.dan ia juga lah yang memberi pengaruh besar terhadap politik dan militer di eropa.Ia lah Napoleon Bonaparte.

Hasil gambar untuk napoleon bonaparte

 Lahir di Ajaccio,Korsika  15 Agustus 1769 anak kedua dari tujuh bersaudara anak dari pasangan Carlo bounaparte dan Letizia ramolino.di karenakan lahir di keluarga bangsawan yang punya koneksi yang luas membuatnya dapat mengenyam pendidikan sampai jenjang yang tinggi.pada awal tahun 1779,orangtuanya menyekolahkan napoleon ke sebuah sekolah agama di Prancis di Autun,prancis  untuk belajar bahasa Prancis.

Di bulan mei tahun itu,ia mendaftarkan diri ke sebuah akademi militer ternama di Brienne le cheateau.disana ia di ejek teman-temannya karena ia berbicara dengan aksen korsika yang kental.tetapi,hal itu tidak menyurutkan semangat napoleon.ia bertumbuh menjadi salah satu murid terbaik di akademi itu.1784 ia dilatih untuk  menjadi perwira artileri.

Saat revolusi prancis berlangsung dari 1789-1799,Napoleon berhasil  mengambil kekuasaan prancis dan mengangkat dirinya menjadi kaisar prancis dan membentuk republik  pertama prancis.selama rentang waktu 1804-1814,ia memperluas wilayahnya dan menyebarkan pengaruhnya ke hampir seluruh eropa barat dari spanyol sampai polandia.Ia memperkenalkan kode sipil yang ia buat ke negara yang ia jajah.alhasil,banyak konstitusi  negara-negara di dunia yang terpengaruh oleh undang-undang napoleon yang dibentuk napoleon.

 Awal kejatuhannya adalah saat ia kalah dalam perang waterloo di Belgia pada tahun 1814 melawan koalisi ketujuh negara monarki.kekalahan nya di perang  ini membuatnya di asingkan di pulau Helena,2605 km sebelah barat Angola.Ia diasingkan disana sampai akhir hayatnya pada tahun 1821
 
Hasil gambar untuk Waterloo war

Atas:Lukisan yang menggambarkan perang waterloo yang menandakan awal kejatuhan Napoleon Bonaparte

Tubuhnya dimakamkan di les invalids,paris,Prancis.sosoknya  yang  tegas dan berwibawa serta 
kemampuan nya dalam memimpin membuatnya menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah.

Di jaman modern,sebagian orang memandangnya sebagai pemimpin diktatoris yang kejam dan penjajah. sedangkan sebagian lainnya memandangnya sebagai salah satu orang yang membela nilai-nilai demokrasi  melawan penguasa monarkis di eropa yang otoriter.tetapi menurut saya,Napoleon adalah salah satu dari banyak orang yang membawa  keadilan di saat eropa dikuasai oleh ketidakadilan dan tirani-tirani bangsawan eropa.buktinya,berkat napoleon,negara-negara di eropa dapat mengalami proses liberalisasi dan menggeser pemerintahan dari monarki ke republik

Orang-orang dapat belajar dari sifat napoleon yang tidak mau menyerah dan selalu berusaha walaupun kesempatan untuk berhasil sangat kecil dan tidak memungkinkan.karena lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak mencoba sama sekali.karena kita dapat belajar dari kegagalan yang kita alami di masa lampau agar di masa depan nanti kita dapat menjadi lebih baik lagi.

Sekian dari saya seputar biografi tentang Napoleon Bonaparte.saya mengucapkan terimakasih kepada siapapun untuk meluwangkan waktu untuk membaca artikel ini.Sampai jumpa di artikel saya yang selanjutnya.Salam damai.



Sumber gambar:
Napoleon Bonaparte: http://www.worldstandards.eu/cars/driving-on-the-left/cars-napoleon-bonaparte/

Perang Waterloo:http://www.boombastis.com/fakta-perang-waterloo/75068

Tidak ada komentar:

Posting Komentar